CFD Sudirman-Thamrin Ditiadakan saat Pelantikan Prabowo dan Gibran

Seorang polisi bersiaga di area kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor alias Car Free Day (CFD) di Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

Jakarta, VIVA - Hari bebas kendaraan bermotor atau Car free day (CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin akan ditiadakan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, 20 Oktober 2024.

CFD ditiadakan karena pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih adalah kegiatan besar.

"Yang biasanya hari minggu adalah CFD dengan situasi kegiatan yang akan dilakukan dengan istilahnya kegiatan besar negara kita, tentunya CFD ditiadakan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman, Kamis, 17 Oktober 2024.

Bukan cuma meniadakan CFD, pihaknya pun akan memprioritaskan pengendara yang mau melintas di Jl Sudirman-Thamrin. Alasannya, kendaraan yang diizinkan melintas di Jl Sudirman-Thamrin cuma iring-iringan Presiden-Wapres dan tamu VVIP.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia pun menyampaikan permohonan maaf karena warga yang ingin beraktivitas di Sudirman-Thamrin akan terganggu.

"Kami mohon maaf apabila nanti masyarakat yang tentunya sedang melaksanakan kegiatan aktivitas di jalan Sudirman-Thamrin. Mungkin pada saat jam jam perjalanan tamu VVIP karena ada banyak kepala negara yang akan hadir. Tentunya kita juga menghormati tamu tersebut. Akan kita utamakan tamu tersebut untuk melewati jalan Sudirman-Thamrin," katanya.

Lebih lanjut, dia meminta masyarakat supaya mencari jalur alternatif lain ketika pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih nanti. Sebab, polisi juga akan mengalihkan arus lalin.

"Masyarakat silahkan untuk bisa memilih jalur lain kalau memang tidak berkepentingan di jalur Sudirman Thamrin," kata dia.