Terkuak, Ini Penyebab Kebakaran 30 Rumah di Tambora yang Tewaskan 5 Orang

Kebakaran 30 rumah tinggal di Tambora, Jakarta Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA – Penyebab kebakaran yang menewaskan lima orang di Tambora, Jakarta Barat, terkuak. Api menyala diduga karena adanya kebocoran gas LPG dari salah satu rumah yang terdampak.

"Dugaan penyebab karena kebocoran gas," ujar Kepala Seksi Operasional Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Syarifudin, Selasa, 15 Oktober 2024.

Ilustrasi pemadam kebakaran.

Photo :
  • Pixabay.

Total ada 22 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan guna menjinakan si jago merah yang menghanguskan 30 rumah tersebut. Kemudian, untuk jumlah personel yang dikerahkan ada 110 personel.

Lebih lanjut dia mengatakan, luas area  yang terbakar diperkirakan 2000 meter persegi. Sementara itu, total kerugian diperkirakan mencapai Rp10.500.000.000.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak lima orang tewas dalam kebakaran rumah tinggal di Jalan Kalianyar,  Tambora, Jakarta Barat.

Kebakaraannya terjadi dini hari tadi sekira pukul 01.23 WIB. Sementara itu, api dinyatakan padam total pukul 07.20 WIB pagi. Hal itu diungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji.

"Selesai ditangani oleh 22 unit damkar," kata dia, Selasa, 15 Oktober 2024.

Ilustrasi lokasi kebakaran

Photo :
  • VIVA/Willibrodus

Kata dia, dalam kebakaran itu ada 30 rumah yang terdampak. Total ada 75 kepala keluarga dengan rincian 300 jiwa mengungsi. Mereka sementara diungsikan ke Kantor Kelurahan pos RW.