Cegah Corona, BP Jamsostek Layani Klaim Peserta secara Online
VIVA – BP Jamsostek tetap melayani klaim pesertanya secara baik melalui pemanfaatan teknologi selama masa pandemi wabah virus Covid-19.
Menurut pengamat kebijakan publik Universitas Tanjungpura (Untan) Martoyo, hal itu tampak dengan diluncurkannya program Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) oleh BP Jamsostek.
Dengan mekanisme Lapak Asik itu, kata Martoyo, BP Jamsostek tetap tidak mengabaikan pengurusan jaminan sosial pesertanya meskipun sedang berlaku anjuran bekerja dari rumah.
"Jadi sebenarnya yang perlu dipahami, bahwa melakukan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat itu dapat disiasati berbagai cara dengan memanfaatkan kemajuan teknologi," ujar Martoyo, Kamis, 23 April 2020.
Kemudian Martoyo menuturkan, aspek positif lain dari program Lapak Asik adalah memberikan keselamatan kepada peserta BP Jamsostek agar tidak berisiko tertular virus Covid-19. Terutama di daerah yang telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
"Tidak harus antre sampai berkerumum dan berisiko. Semua bisa dilakukan secara online, hak peserta terlayani baik namun tetap sesuai protokol keamanan pencegahan virus Covid-19," kata Martoyo yang juga Dekan Fisip Untan.
Untuk dinformasi, Lapak Asik BP Jamsostek telah mulai aktif diterapkan sejak pertengahan Maret ketika wabah virus Covid-19 mulai banyak menginfeksi masyarakat Indonesia.
Lapak Asik BP Jamsostek memberikan layanan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) pesertanya secara onlne, dari yang biasanya harus datang bertatap muka langsung dengan membawa syarat dokumen dibutuhkan.
Melalui Lapak Asik BP Jamsostek, peserta dapat secara mudah melakukan pengurusan klaim JHT meskipun dari rumahnya saja. Selain itu juga menghindari terjeratnya peserta dari praktik calo.