Kacau! 3 Anggota DPRD Mentawai Ditangkap saat Pesta Sabu di Hotel Padahal Belum Sebulan Dilantik

Ilustrasi borgol untuk pelaku kejahatan.
Sumber :
  • ientrymail.com

Padang, VIVA – Polisi menangkap tiga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Tiga oknum anggota dewan yang diamankan itu masing-masing berinisial MS, S dan MS dari partai yang berbeda.

Ketua Sementara DPRD Mentawai, Ibrani Sababalat mengatakan tiga oknum anggota dewan tersebut ditangkap saat sedang pesta sabu. Konyolnya, mereka melakukan aksi nyabu di sela kegiatan orientasi atau Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai anggota DPRD periode 2024-2029 di salah satu hotel kota Padang pada Jumat dini hari pekan lalu.

"Mereka memang ditangkap. Saya sebagai pimpinan sementara sangat prihatin dan mohon maaf atas kejadian itu," kata Ibrani dalam keterangannya dikutip pada Senin 23 September 2024.

Ibrani menyampaikan pihaknya menghormati proses hukum atas ditangkapnya tiga anggota DPRD tersebut. Namun, ia menekankan prinsip asas praduga tak bersalah serta proses hukum yang segang berjalan. 

Dia menjelaskan tiga koleganya itu diamankan saat orientasi atau Bimtek yang diikuti oleh 19 anggota DPRD Mentawai. 19 wakil rakyat itu baru saja dilantik pada 2 September 2024. 

Adapun kegiatan itu dilaksanakan sejak Senin 16 September 2024 hingga Jumat 20 September 2024. Bagi dia, ditangkapnya tiga anggota itu sebagai pembelajaran. "Ini pembelajaran bagi kita," ujar Ibrani Sababalat.