Catatan Kriminal Pelaku Pembunuh Nia Gadis Penjual Gorengan di Padang Pariaman

Keluarga Menunjukkan Foto Nia Kurnia Sari
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

Padang Pariaman, VIVA – Kepolisian Resor Padang Pariaman, sudah menetapkan satu tersangka yakni seorang pria berinisial IS, dalam kasus pembunuhan Nia Kurnia Sari atau NKS, gadis remaja penjual gorengan. IS hingga kini masih buron.

Usut punya usut, ternyata IS memiliki catatan kriminal berat selama ini. Ia pernah terlibat narkotika dan tindak asusila (pencabulan). Bahkan, ia pernah mendekam di sel tahanan.

"Pernah ada unsur narkoba dan pencabulan," kata Desi Novita, Wali Korong Pasa Galombang dikutip dari keterangannya, Selasa 17 September 2024

Meski tak menjelaskan detail tahun berapa, namun Desi bilang bahwa tersangka ini pernah sempat di tahan di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Anak di Solok, akibat tersandung kasus pencabulan. 

"Kasus pencabulan ini sempat ia ditahan di Lapas Anak yang di Solok,"ujar Desi Novita.

Menurut Desi Novita, selain memiliki rekam jejak kriminal, masa kecil IS juga menjadi sorotan. Ibunya meninggal saat ia masih kecil. Sang ayah yang berprofesi sebagai supir, membuat  IS kecil tak terjaga dengan baik dan lebih banyak bergaul di luar lingkungan rumah. 

"Ibunya meninggal sejak ia kecil. Terus bapaknya bawa mobil. Otomatis anak ini tidak terjaga, lebih banyak di luar dan tidak dirangkul keluarga," kata Desi Novita.

Warga kata Desi Novita, meyakini bahwa tudingan tersangka pembunuhan Nia Kurnia sari adalah IS. Pasalnya, IS tersebut kerap bermain alias menghabiskan waktu di lokasi di mana jasad Nia Kurnia Sari ditemukan.

"Masyarakat di sini sudah menduga dia karena, dari keseharian dia main di tempat di mana korban ini ditemukan," jelas Desi Novita.