Pejabat AS: Iran Masih Mampu Serang Israel dengan Ratusan Rudal

Iran meluncurkan rudal ke arah Israel
Sumber :
  • IRNA

Washington, VIVA – Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) memperkirakan bahwa Iran masih mampu untuk menyerang Israel dengan ratusan rudal

"Amerika Serikat memperkirakan Iran masih mampu menanggapi serangan udara Israel dengan kekuatan yang sama seperti serangannya pada 1 Oktober, yakni meluncurkan ratusan rudal balistik ke Israel," kata sumber tersebut, yang tidak diketahui namanya, dikutip dari Iran Internasional, Senin, 28 Oktober 2024.

Namun, laporan itu segera dibantah oleh Tel Aviv, dengan mengatakan bahwa penilaian AS keliru.

Menurut Israel, kerusakan yang disebabkan oleh serangan udaranya terhadap kapasitas produksi rudal Iran akan memengaruhi sifat respons Iran.

Diketahui, seorang pejabat senior AS sebelumnya mengatakan kepada Axios bahwa serangan udara Israel melumpuhkan kemampuan produksi rudal Iran.

"Salah satu target utama yang diserang Israel dalam serangan balasannya terhadap Iran adalah 12 'planetary mixer' yang merupakan komponen penting dalam program rudal balistik Iran," ujar tiga sumber Israel.

"Planetary mixer digunakan untuk memproduksi bahan bakar padat bagi rudal balistik jarak jauh, dan penghancurannya sangat merusak kemampuan Iran untuk memperbarui persediaan rudalnya," jelas laporan itu.

Sumber Israel yang berbicara kepada Axios mengatakan bahwa mixer tersebut adalah peralatan yang sangat canggih yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh Iran dan harus membelinya di Cina. "Pembuatan ulang mixer tersebut dapat memakan waktu setidaknya satu tahun."