Presiden Iran Tegaskan Tak Cari Perang tapi Janji Balas Serangan Israel

Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan serangan rudal terhadap Israel didasarkan pada
Sumber :
  • ANTARA/Anadolu

Teheran, VIVA – Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan pada hari Minggu, 27 Oktober 2024, bahwa Teheran tidak mencari perang tetapi akan menanggapi serangan Israel dengan tepat.

"Kami tidak mencari perang, tetapi kami akan membela hak-hak bangsa dan negara kami. Kami akan memberikan tanggapan yang tepat terhadap agresi rezim Zionis," kata Pezeshkian, dikutip dari Alarabiya, Senin, 28 Oktober 2024.

Pada Sabtu, 26 Oktober 2024, Israel melancarkan serangan udara terhadap lokasi militer di Iran sebagai tanggapan atas serangan rudal Teheran pada tanggal 1 Oktober, yang merupakan balasan atas terbunuhnya para pemimpin militan yang didukung Iran dan seorang komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran.

Pertahanan udara Iran menghalau rudal Israel yang menyerang Teheran

Photo :
  • SkynewsArabia

Sedikitnya empat tentara Iran tewas dalam serangan Israel, yang menurut Iran menyebabkan sedikit kerusakan pada beberapa sistem radar.

Di lain sisi, militer Israel telah memperingatkan Teheran agar tidak menanggapi.

Pada hari Minggu, otoritas tertinggi Iran, Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei, mengatakan serangan Israel terhadap Iran tidak boleh dibesar-besarkan atau diremehkan. Ia menggambarkan serangan itu sebagai salah perhitungan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga mengatakan pada hari Minggu bahwa serangan udara Israel terhadap Iran "tepat dan kuat" dan mencapai semua tujuannya.