Israel Bakar RS Indonesia di Jalur Gaza

Rumah Sakit Indonesia di Gaza.
Sumber :
  • ANTARA/HO-MER-C/pri.

Gaza, VIVA – Israel dilaporkan membakar Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara, pada Senin, 21 Oktober 2024. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Gaza.

Kemenkes mencatat bahwa tentara Israel juga membakar bangunan yang menjadi tempat berlindung bagi ribuan warga sipil.

Serangan Israel di kamp pengungsian warga Palestina.

Photo :
  • ANTARA

Melansir dari The National, Selasa, 22 Oktober 2024, RS Indonesia, yang terletak di Kota Beit Lahia dekat kamp pengungsi Jabalia, menjadi sasaran langsung.

Selain itu, generator rumah sakit dibom dan menyebabkan pemadaman listrik. "Pasien meninggal karena terputus dari perangkat oksigen," kata Kemenkes Gaza.

Tentara Israel juga membatasi pergerakan di area rumah sakit, sehingga staf harus menguburkan jenazah di dalam kompleks yang masih dikepung.

"Pilihan untuk memprioritaskan perawatan bagi yang terluka tidak ada lagi, banyak yang dibiarkan mati kehabisan darah kemarin," ucap Kemenkes.

VIVA Militer: Tentara Israel membawa anjing dalam serangan di Jalur Gaza

Photo :
  • euromedmonitor.org

Diketahui, sekitar 200.000 orang terjebak di kamp pengungsi Jabalia selama 17 hari tanpa akses bantuan. Kondisi juga semakin memburuk setiap hari, dengan hanya tiga dari sepuluh rumah sakit di Gaza utara yang masih beroperasi sebagian.

PBB pun telah meminta akses ke wilayah utara Jalur Gaza sejak Jumat lalu, namun hingga kini belum ada tanggapan dari otoritas Israel.