Menlu Sugiono Sampaikan Hubungan RI dengan China-AS di Masa Depan

Menlu sekaligus Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sugiono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Menteri Luar Negeri (RI), Sugiono, membeberkan hubungan masa depan Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) dan China di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto. Menlu yang baru saja dilantik itu menegaskan bahwa Indonesia akan menjaga kedekatan dengan keduanya.

"Kita menjaga kedekatan sama-sama (dengab keduanya). Kita juga berharap bisa juga menjadi jembatan untuk bisa berkomunikasi dengan baik," kata Sugiono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024.

Prabowo Subianto dan Presiden China Xi Jinping

Photo :
  • Dok. Istimewa

Hal ini, menurutnya juga sejalan dengan pernyataan Presiden RI Prabowo Subianto, yang menegaskan bahwa Tanah Air akan menjadi teman yang baik bagi negara-negara lain di dunia internasional.

"Kita punya politik luar negeri yang bebas aktif. Kemarin juga dalam pidatonya beliau (Presiden Prabowo) menyampaikan bahwa kita ingin menjadi teman dan tetangga yang baik untuk semua teman-teman kita di dunia internasional," ucapnya.

Wakil Ketua Komis I DPR RI dari Gerindra Sugiono

Photo :
  • Dok Gerindra

Sugiono juga membeberkan agenda prioritasnya dalam waktu dekat saat menjabat sebagai Menlu.

"Arahan Bapak Presiden adalah untuk menjaga komunikasi yang baik dengan tetangga-tetangga kita. Tentu saja upaya-upaya untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina."