Prabowo Tunjuk Sugiono Jadi Menteri Luar Negeri, Anis-Arrmanatha Nasir dan Arif Havas Wamenlu

Presiden Prabowo tunjuk Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri RI
Sumber :
  • Setpres

Jakarta, VIVA – Presiden Prabowo Subianto menunjuk Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri RI. Sugiono akan didampingi tiga wakil menteri dalam menjalankan tugas kementerian untuk urusan luar negeri. 

Dalam pengumuman nama-nama menteri kabinet Merah Putih, Prabowo menunjuk sejumlah tokoh untuk duduk di kabinetnya. Salah satunya Sugiono untuk mengisi jabatan Menlu RI. 

Pengumuman tersebut disampaikan Prabowo usai jamuan makan malam bersama para calon menteri dan wakil menteri di Istana Negara Jakarta, Minggu malam, 20 Oktober 2024.

Prabowo turut mengumumkan tiga Wakil Menteri Luar Negeri, yakni Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Wakil Tetap RI untuk PBB Arrmanatha Nasir, dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Wakil Tetap RI untuk PBB di New York Duta Besar Arrmanatha Nasir.

Photo :
  • ANTARA/HO-PTRI New York/am.

Ketiga Wamenlu akan membantu Sugiono menjalankan tugasnya menakhodai diplomasi nasional sebagai Menlu RI pada Kabinet Prabowo, yang diberi nama “Kabinet Merah Putih.”

Nama Sugiono sebelumnya santer bakal mengisi jabatan Menteri Luar Negeri RI sepeniggal Retno Marsudi. Sugiono yang juga mantan Wakil Ketua Komisi I DPR RI yang membidangi pertahanan dan luar negeri, dinilai pantas untuk menduduki kursi Menlu RI. 

Sugiono merupakan salah satu calon menteri yang dipanggil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto ke kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan pada Senin, 14 Oktober 2024.  

Tak hanya itu, Sugiono juga tampak hadir dan mengikuti pembekalan calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 16 Oktober 202 

Sugiono sebelumnya mengaku siap ditempatkan di posisi manapun untuk mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Saya prajurit, apapun yang diberikan tugas kepada saya akan laksanakan sebaik baiknya dengan penuh tanggung jawab," kata Sugiono di Kertanegara