Prabowo Tegaskan Politik Luar Negeri RI Bebas Aktif: Tidak Ikut Pakta Militer Mana Pun

Pidato Presiden Prabowo Subianto di Pelantikan Presiden
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA – Presiden Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto menegaskan bahwa Indonesia dalam dunia internasional, Indonesia memilih jalan bebas aktif.

Prabowo juga menekankan bahwa Tanah Air tidak akan mengikuti pakta-pakta militer dalam blok mana pun.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam pidato pertamanya sebagai Presiden, di Gedung DPR, Jakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

"Dalam dunia internasional, Indonesia memilih jalan bebas aktif, non blok, non line kita tidak ikut pakta-pakta militer mana pun," kata Prabowo.

"Kita memilih jalan bersahabat dengan semua negara," sambungnya.

Presiden yang baru dilantik itu juga mengatakan bahwa Indonesia hanya ingin menjadi negara tetangga yang baik bagi negara-negara lainnya.

Pidato Presiden Prabowo Subianto di Pelantikan Presiden

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

"Sudah berkali-kali saya katakan, Indonesia ingin menjadi negara tetangga yang baik, We want to be good neighbor, kita ingin menganut faham kuno, seribuan kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak."

Sebelumnya, Prabowo juga mengucapkan terima kasih pada kepala negara sahabat yang menghadiri pelantikan Presiden RI hari ini.

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

"Hari ini kita mendapat kehormatan yang sangat besar, pada acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Prabowo.

"Hari ini kita dihadiri 19 kepala negara dan kepala pemerintah serta 15 utusan khusus negara-negara sahabat lainnya," sambungnya.