Masa Jabatan Berakhir, Menlu Retno Unggah Video Haru di Instagram

Retno Marsudi Pamit Setelah Jadi Menlu Dua Dekade (Doc: Instagram)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta, VIVA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi pamit setelah menjabat sebagai Menlu selama dua periode di Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ucapan selamat tinggal itu Retno sampaikan di depan jajaran Kementerian Luar Negeri, pada Jumat, 18 Oktober 2024.

"Saya pamit ya," kata Retno dengan suara bergetar menahan haru, seperti dikutip di Instagram miliknya @retno_marsudi, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri

Photo :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

Retno mengatakan bahwa dia telah menjadi diplomat Indonesia selama 40 tahun, dan semua yang dia perjuangkan bagi Indonesia dalam hubungan diplomasi di luar negeri adalah usaha terbaik yang dia sudah kerjakan.

"Profesi saya cuma satu, sebagai diplomat, sudah hampir 40 tahun saya berada di rumah ini (Kemlu). Maafkan saya. This is the best what i can do for Indonesia and for you all," ujarnya dengan diiringi tangis.

Mendengar kalimat perpisahan dari Retno, jajaran Kemlu pun ikut menangis.

Selain itu, Retno pun berterima kasih atas semua pekerjaan yang dilakukan para staf dan pejabat Kemlu lainnya bersama Retno.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Jagalah rumah ini dengan baik teman-teman. Jagalah. So thank you very much for standing by me, thank you for supporting me, and thank you for being there for me, and your always be in my heart. Sekali lagi aku pamit ya teman-teman."

Retno Marsudi adalah seorang diplomat Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri sejak 2014. Ia merupakan wanita pertama yang mengisi posisi tersebut di Indonesia.

Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Belanda. Retno dikenal aktif dalam diplomasi multilateral dan isu-isu hak asasi manusia.