Miliarder Israel-AS Gelontorkan Rp 1,4 Triliun untuk Dukung Trump di Pemilu 2024

Calon Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump
Sumber :
  • AP Photo/Alex Brandon

Washington, VIVA – Miliarder Israel-Amerika Miriam Adelson menggelontorkan US$ 95 juta (Rp 1,4 triliun) untuk komite aksi politik (PAC), yang mendukung calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump. Dana tersebut berdasarkan laporan data terbaru dari Komisi Pemilihan Umum Federal (FEC) AS.

Data tersebut menunjukkan bahwa Adelson telah melakukan empat pembayaran kepada super PAC miliknya pada bulan Juli, Agustus, dan September.

Donald Trump saat kampanye pemilihan Presiden AS 2020

Photo :
  • Twitter @realDonaldTrump

Jumlah total yang dibayarkan oleh miliarder Israel-Amerika tersebut kepada komite itu sejak awal tahun ini berjumlah US$ 100 juta (Rp 1,5 triliun), menurut data yang dipublikasikan pada hari Selasa, 15 Oktober 2024.

Super PAC ini, yang dikenal sebagai Preserve America, adalah salah satu komite aksi politik utama (yang disebut "super PAC") yang memiliki hak untuk mengumpulkan uang dalam jumlah tak terbatas dan membelanjakannya secara independen untuk mendukung kampanye dan tokoh politik tanpa secara langsung mendanai politisi dan partai.

Melansir dari Middle East Monitor, Kamis, 17 Oktober 2024, dengan jumlah uang yang sangat besar yang telah dibelanjakan Adelson, ia adalah salah satu donor terbesar Trump pada musim pemilihan ini.

Donald Trump di acara debat kandidat capres AS

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Adelson adalah seorang dokter dan pengusaha, serta janda dari miliarder Yahudi Amerika Sheldon Adelson, yang mendirikan jaringan kasino dan memiliki surat kabar Israel Hayom di negara pendudukan tersebut.

Ia adalah donatur utama yang membantu membawa Trump ke Gedung Putih pada tahun 2016, dan mendukung keputusannya untuk memindahkan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem. Adelson juga merupakan pendukung utama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.