Surat Menhan-Menlu AS soal Gaza kepada Israel Bocor, Pentagon Sebut "Korespondensi Pribadi"

Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon.
Sumber :
  • David Mark/Pixabay

Washington, VIVA - Surat dari Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken kepada Israel mengenai situasi di Jalur Gaza dinyatakan sebagai "korespondensi pribadi," kata Pentagon (Kementerian Pertahanan AS) pada Selasa, 15 Oktober 2024.

"Untuk surat tersebut... Saya dapat mengonfirmasi bahwa Menteri Austin bersama dengan Menteri Blinken menandatangani surat yang dikirim kepada rekan mereka di Israel. Ini adalah korespondensi pribadi dan bersifat personal," ujar Deputi Sekretaris Pers Pentagon Sabrina Singh kepada wartawan.

"Jadi saya tidak akan membahas lebih lanjut perinciannya, selain mengatakan bahwa surat tersebut menyampaikan keprihatinan mengenai kondisi kemanusiaan di Gaza," tambahnya.

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin

Photo :
  • cnbc.com

Surat yang bocor pada Selasa itu memperingatkan Israel untuk memperbaiki situasi kemanusiaan di Gaza dalam sebulan ke depan, atau berisiko menghadapi embargo senjata dari Amerika Serikat.

"Pejabat pemerintah AS bisa berkomunikasi dengan rekan-rekan mereka. Mereka dapat mengadakan pertemuan tertutup dengan rekan-rekan mereka. Mereka bisa melakukan panggilan telepon dengan rekan-rekan mereka. Kami memberikan ringkasan dari panggilan-panggilan tersebut. Ada surat-surat yang sering dikirimkan antara pejabat pemerintah yang tidak dimaksudkan untuk dipublikasikan," ujar Singh.

Ia melanjutkan bahwa itu adalah "surat pribadi" antara pejabat pemerintah yang membahas situasi di Gaza, dan "surat itu lebih bermaksud untuk tujuan pribadi."

"Saya sudah mengonfirmasi bahwa surat itu memang dikirim. Surat itu dimaksudkan untuk bersifat pribadi. Namun, tampaknya ada seseorang yang merasa perlu membocorkan korespondensi pribadi tersebut. Tapi saya tidak bisa memberikan detail lebih lanjut mengenai hal itu," katanya, menambahkan. (ant)