Hizbullah Tembakkan 320 Roket ke Israel Saat Perayaan Hari Suci Yahudi

VIVA Militer: Serangan roket Hizbullah di wilayah Israel utara
Sumber :
  • X/@PalHighlight

Tel Aviv, VIVA – Militer Israel mengatakan bahwa kelompok bersenjata Lebanon, Hizbullah, menembakkan sekitar 320 proyektil dari Lebanon ke Israel selama Yom Kippur, hari paling suci bagi umat Yahudi yang berakhir pada Sabtu malam, 12 Oktober 2024.

"Sepanjang akhir pekan Yom Kippur, sekitar 320 proyektil yang ditembakkan oleh kelompok perlawanan Hizbullah melintas dari Lebanon ke Israel," kata militer dalam sebuah pernyataan, dikutip dari ANews, Minggu, 13 Oktober 2024.

Sebelumnya, pada hari Rabu, 9 Oktober 2024, militer Israel mengonfirmasi bahwa dua warganya tewas akibat roket yang ditembakkan oleh Hizbullah di Kiryat Shmona.

Laporan tersebut muncul saat Israel melancarkan serangan udara besar-besaran di Beirut terhadap target Hizbullah sejak 23 September, yang telah menewaskan lebih dari 1.323 orang, melukai hampir 3.700 orang, serta membuat lebih dari 1,2 juta orang mengungsi.

Serangan udara tersebut juga merupakan eskalasi dalam perang lintas batas selama setahun antara Israel dan Hizbullah sejak dimulainya serangan brutal Tel Aviv di Jalur Gaza, yang telah menewaskan hampir 42.000 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, sejak serangan Hamas tahun lalu.

Setidaknya 2.141 orang telah tewas dan 10.099 lainnya terluka dalam serangan Israel di Lebanon, menurut otoritas Lebanon.