Pasar Terbesar di Jeddah Kebakaran, 20 Mobil Pemadam Dikerahkan

Kebakaran di Pasar Internasional Jeddah (Doc: Arab News)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Riyadh, VIVA – Kebakaran hebat telah melanda sebagian besar Pasar Internasional Jeddah, pada Minggu pagi, 29 September 2024. Tempat itu adalah salah satu pasar terbesar di provinsi tersebut.

Sementara itu, sua petugas pemadam kebakaran tewas saat menjalankan tugas mereka untuk memadamkan api, menurut Pertahanan Sipil.

Lebih dari 20 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk menahan api yang menyebar dengan cepat saat pasar di distrik Al-Rawdah sebagian diselimuti sijago merah dan asap yang membumbung tinggi.

Kebakaran berhasil dikendalikan setelah hampir 12 jam, tetapi sebelumnya sejumlah besar kios dan toko rata dengan tanah. Pemilik toko hanya berdiri tak berdaya di tempat parkir.

Melansir dari Arab News, Senin, 30 September 2024, tidak ada seorang pun di pasar ketika insiden itu terjadi pada dini hari.

Moammar Al-Awidy, seorang pemilik kafe dan toko elektronik, mengatakan kepada Arab News bahwa ia menerima kabar mengejutkan itu dari salah satu karyawannya pada pukul 08.00 waktu setempat.

“Saya bergegas ke pasar tetapi tidak bisa ke mana-mana karena pihak berwenang setempat menyarankan kami untuk menjauh dari area tersebut karena kemungkinan keracunan asap. Meskipun tidak ada korban jiwa atau cedera, sisi utara pasar terkena dampak serius,” kata Al-Awidy.

Menurut para saksi, dugaan penyebab utama kebakaran adalah toko baru yang sedang direnovasi di dekat gerbang Nomor empat. “Kebakaran dimulai di sana dan menyebar ke toko-toko terdekat dan restoran Asia lainnya," ucap Al-Awidy.

Para saksi mengatakan api menyebar dengan cepat ke beberapa toko di pasar, yang menampung butik-butik pribadi, restoran, dan kios-kios pasar.

Saksi Omar Ba-Jamal, yang bekerja di toko aksesori ponsel, mengatakan, “Kebakaran bergerak sangat cepat. Kami semua menonton, tetapi kami takut api dapat menyebar ke toko-toko lain kapan saja karena ada restoran dengan dapur di dekatnya.”

Fahad Al-Ahmdi, yang bekerja di toko perhiasan juga menceritakan pengalaman paitnya itu.

"Saya tiba pukul 09.00 pagi seperti biasa untuk bekerja dan, dalam perjalanan, saya melihat api di langit tetapi tidak pernah mengira itu adalah pasar kami. Seperti film bencana yang terjadi di depan mata saya, saya belum pernah melihat yang seperti itu. Sayangnya, toko kami terkena dampak kebakaran.”

Pasar yang dikenal sebagai Pasar Internasional Jeddah ini didirikan pada tahun 1981 dan memiliki desain klasik yang unik di bagian luarnya, sedangkan bagian dalamnya memiliki dekorasi mewah, air terjun, dan pancuran air yang menyerupai danau kecil.

Pasar ini memiliki sekitar 200 toko yang melayani pengunjung pasar dan memiliki toko-toko dengan sejarah panjang dalam perdagangan merek lokal dan internasional yang paling terkenal, seperti elektronik, perhiasan, pakaian, dan jam tangan, serta beberapa restoran Asia. Baru-baru ini, pasar ini memiliki toko emas.