Israel Gempur Seluruh Lebanon, 70 Orang Tewas

Lebanon telah mengalami beberapa kekerasan paling mematikan dalam beberapa minggu terakhir, sementara negara itu berjuang mempertahankan pasokan medis yang makin menipis, kata Koordinator Kemanusiaan PBB, pada Jumat, 27 September 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Anadolu

Beirut, VIVA – Setidaknya 70 orang tewas dan 80 lainnya cedera dalam serangan udara Israel pada hari Minggu, 29 September 2024, di berbagai wilayah Lebanon. Angka korban serangan Israel itu dikonfirmasi oleh sumber resmi, termasuk media pemerintah dan Kementerian Kesehatan.

Melansir dari ANews, Senin, 30 September 2024, di provinsi Baalbek-Hermel, serangan udara Israel mengakibatkan 21 orang tewas dan 47 cedera.

Di Sidon, 24 orang tewas dan 29 lainnya cedera akibat serangan yang menargetkan sebuah bangunan tempat tinggal di desa Ain El-Delb.

Pesawat tempur Israel juga melancarkan serangan di kota Joub Jannine di Bekaa barat, dan menewaskan empat orang serta melukai empat lainnya.

Bangunan hancur di selatan Ibu Kota Lebanon, Beirut, akibat serangan Israel

Photo :
  • The New Arab/Getty

Di kota Zboud di Bekaa utara, satu keluarga yang terdiri dari 17 orang tewas, dengan beberapa anggota masih hilang di bawah reruntuhan.

Secara terpisah, empat orang tewas dalam tiga serangan udara yang menargetkan sebuah bangunan di desa Halabta di Bekaa.

Sebagai informasi, Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam perang lintas perbatasan sejak dimulainya konflik Gaza pada bulan Oktober lalu.

Israel juga baru-baru ini meningkatkan serangannya di Lebanon, yang mengakibatkan tewasnya sejumlah komandan senior Hizbullah, termasuk pemimpin Hassan Nasrallah.

VIVA Militer: Serangan artileri militer Israel ke Lebanon

Photo :
  • middleeasteye.net

Pengeboman hebat di berbagai lokasi di seluruh Lebanon juga menyebabkan ratusan warga sipil tewas dan puluhan ribu lainnya mengungsi.

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati menyatakan bahwa serangan Israel yang semakin intensif telah membuat hingga 1 juta orang mengungsi.