Pasang Badan untuk Palestina dan Lebanon, Kelompok Houthi Ancam Serang Ibu Kota Israel

Serangan Israel ke Lebanon
Sumber :
  • Dok. Arab News/AFP

Sanaa, VIVA – Kelompok Houthi Yaman yang berpihak pada Iran mengatakan pada Jumat, 27 September 2024, bahwa mereka telah menargetkan kota-kota di Israel, seperti Tel Aviv dan Ashkelon. Houthi mengaku akan menyerang wilayah itu dengan rudal balistik dan pesawat nirawak untuk mendukung Gaza dan Lebanon.

Di lain sisi, tentara Israel mengatakan telah mencegat rudal yang ditembakkan dari Yaman setelah sirene dan ledakan terdengar di pagi hari.

Juru bicara militer Houthi mengatakan, operasi mereka tidak akan berhenti dalam beberapa hari mendatang hingga serangan Israel di Gaza dan Lebanon berhenti.

"Kami akan melakukan lebih banyak operasi militer terhadap musuh Israel sebagai kemenangan atas darah saudara-saudara kami di Palestina dan Lebanon," kata Yahya Sarea, dikutip dari ANews, Jumat, 27 September 2024.

Arsip - Warga melintas di antara bangunan yang hancur di permukiman Shujaiya, Gaza, Palestina, 11 Juli 2024.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua/Abdul Rahman Salama

Sebagai informasi, serangan Israel telah menewaskan lebih dari 600 orang di Lebanon sejak hari Senin, 23 September 2024, dengan konflik antara Israel dan Hizbullah yang didukung Iran mencapai titik terparah dalam lebih dari 18 tahun.

Hizbullah sendiri juga telah menembakkan roket ke Israel selama hampir setahun untuk mendukung sekutunya, Hamas, yang memerangi Israel di Gaza.