Duta Besar Iran Kehilangan Satu Mata Buntut Ledakan Pager di Lebanon

Korban ledakan pager di Lebanon
Sumber :
  • Associated Press

Beirut, VIVA – Mojtaba Amani, Duta Besar Iran untuk Lebanon, kehilangan satu mata dan mengalami kerusakan parah pada mata lainnya, ketika pager yang dibawanya meledak, menurut laporan The New York Times.

Anggota Korps Garda Revolusi Islam mengatakan bahwa luka Amani lebih serius daripada yang dilaporkan sebelumnya.

Menteri Kesehatan Lebanon Firas Al-Abiad pada Selasa, 17 September 2024, menyatakan 9 orang, termasuk seorang anak, tewas dalam ledakan massal perangkat komunikasi nirkabel yang dikenal sebagai penyeranta (pager) di sejumlah wilayah di Lebanon.

Photo :
  • ANTARA/Anadolu

Melansir dari Times of Israel, Kamis, 19 September 2024, Amani akan dibawa ke Teheran untuk dirawat.

Video di media sosial tampaknya menunjukkan Amani di jalan Lebanon setelah serangan itu, dengan darah di bagian depan bajunya.

Saluran berita Alhadath milik Saudi, mengutip kedutaan besar Teheran di Beirut, mengatakan sebelumnya bahwa Amani dalam kondisi yang baik dan luka-lukanya hanya ringan.

Ambulans mengangkut korban ledakan Pager di Lebanon

Photo :
  • Associated Press

Setidaknya sembilan orang tewas dan ribuan lainnya terluka ketika pager yang dipegang oleh anggota Hizbullah di seluruh Lebanon meledak pada Selasa sore, 17 September 2024. 

Ini merupakan serangan terkoordinasi berskala luas yang dikaitkan dengan Israel terhadap kelompok itu yang didukung Iran.