Pesawat Tempur AS Cegat Pesawat Pengebom Rusia dan China di Alaska

VIVA Militer : Jet Tempur NORAD hadang pesawat militer Rusia
Sumber :
  • Norad.mil

AlaskaPesawat-pesawat tempur Amerika dan Kanada mencegat dua pesawat pengebom Rusia dan dua pesawat pengebom Tiongkok di wilayah udara internasional dekat negara bagian Alaska, pada Rabu, 24 Juli 2024. Hal itu disampaikan oleh Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD) gabungan AS-Kanada.

“NORAD mendeteksi, melacak, dan mencegat dua pesawat militer TU-95 Rusia dan dua pesawat militer RRC H-6 yang beroperasi di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska,” kata NORAD, dikutip dari Alarabiya, Kamis, 25 Juli 2024.

VIVA Militer : Jet Tempur NORAD hadang pesawat militer Rusia

Photo :
  • Norad.mil

Zona tersebut adalah perimeter di mana lalu lintas udara dipantau di luar batas wilayah udara nasional untuk memberikan waktu reaksi tambahan jika terjadi tindakan permusuhan.

Penyadapan pesawat Rusia, di mana mereka dihubungi secara visual atau elektronik oleh pesawat AS atau Kanada relatif umum terjadi di wilayah tersebut.

Jet tempur dari Amerika Serikat dan Kanada melakukan pencegatan,” ujar NORAD.

"Para pembom tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika atau Kanada, aktivitas mereka tidak dipandang sebagai ancaman.”