Staf Kampanye Cerita Momen Mengejutkan saat Biden Putuskan Mundur dari Pilpres AS

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.
Sumber :
  • Dok Joe Biden

Washington – Keputusan Presiden AS, Joe Biden untuk mundur dari pencapresan membuat terkejut beberapa staf kampanyenya dan pejabat Gedung Putih. Mereka diberitahu tentang keputusan Biden hanya satu menit sebelum dia memposting pengumuman tersebut di X.

Pada hari Minggu pukul 1:45 siang, staf senior Biden diberitahu tentang keputusannya untuk membatalkan kampanye pemilihannya.

Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Pada pukul 13.46, pengumuman tersebut dipasang di akun X milik Biden. Dan yang lebih menarik, staf Biden mengetahui keputusan itu melalui tweetnya.

"Kami semua mengetahuinya melalui tweet. Tak satu pun dari kami memahami apa yang terjadi," kata seorang anggota Partai Demokrat yang mengetahui masalah ini, dikutip dari India Today, Senin, 22 Juli 2024.

"Dia (Biden) memberi tahu tim senior sebelumnya. Saya yakin mereka tidak ingin hal itu bocor," kata sumber yang dekat dengan tim kampanye Biden.

Di kediaman Biden di Delaware tempat dia memulihkan diri dari COVID-19, presiden berusia 81 tahun itu bersama beberapa pembantu terdekatnya, Kepala strategi Mike Donilon, penasihat presiden Steve Ricchetti, wakil kepala staf Gedung Putih Annie Tomasini, dan Anthony Bernal, penasihat senior Ibu Negara Jill Biden.

Biden berbicara beberapa kali dengan Wakil Presiden Kamala Harris, yang akan dia dukung sebagai calon dari Partai Demokrat.

Dia memberitahukan keputusannya untuk mundur dari pencalonan tersebut kepada kepala staf Gedung Putih Jeff Zients, dan ajudan lamanya serta ketua kampanye Jen O’Malley Dillon.

Sekelompok kecil penasihat senior dari Gedung Putih dan tim kampanye Biden berkumpul untuk melakukan panggilan telepon pada pukul 13.45 guna memberi tahu mereka tentang keputusan Biden.

Semenit kemudian, staf kampanyenya merilis pengumuman di X. Seluruh dunia, bahkan para pembantu Biden, mengetahui keputusan mengejutkan tersebut sejak saat itu.

Sementara itu, miliarder teknologi Elon Musk juga bereaksi terhadap staf Gedung Putih yang mengetahui keputusan Biden hanya melalui sebuah tweet.

"Para pembantu Gedung Putih mengetahui bahwa Biden akan keluar dari jabatannya dengan membaca X."

Sementara itu, delapan menit sebelum Biden mengumumkan penghentian pencalonannya, tim kampanyenya telah mengirimkan email, meminta sumbangan untuk "Joe dan Kamala."

Bahkan di Delaware, keadaan masih berjalan seperti biasa sebelum pengumuman mengejutkan tersebut. Saat itu, delegasi sedang diselesaikan untuk Konvensi Nasional Partai Demokrat mendatang di Chicago.

"Saya rasa tidak ada seorang pun di Delaware yang mengetahuinya," kata seorang pejabat negara bagian.

Sementara para pembantu Biden yang lebih junior tidak tersinggung karena terlambat diberitahu tentang keputusan Biden untuk mengakhiri upayanya untuk terpilih kembali, kata sebuah sumber. Diketahui, presiden berusia 81 tahun itu menghadapi tekanan dari Partai Demokrat untuk mundur karena kekhawatiran mengenai usia dan kebugaran mentalnya setelah kinerja debat presiden yang lemah melawan mantan Presiden Donald Trump bulan lalu.

Donald Trump dan Joe Biden di acara debat kandidat capres AS 2024

Photo :
  • AP Photo/Gerald Herbert

Bagi para pembantu juniornya, keputusan Biden lebih melegakan karena hal ini sudah berakhir, namun sebaliknya, para pembantu seniornya kecewa karena tidak diajak berkonsultasi mengenai keputusannya untuk tidak mencalonkan diri lagi.

"Ada banyak rasa frustrasi di kalangan staf senior yang menempatkannya dalam situasi ini (dan) menyebabkan dia tidak keluar secara bermartabat minimal dari sembilan bulan yang lalu," kata sumber tersebut.