Vladimir Putin Akhirnya Punya Lawan di Pemilu Rusia 2024, Bukan Orang Sembarangan

Calon kandidat presiden Rusia yang akan melawan Putin, Yekaterina Duntsova
Sumber :
  • Wired Italia

VIVA Dunia – Setelah presiden Vladimir Putin mengumumkan akan kembali maju di pemilihan presiden Rusia 2024 sebagai kandidiat independent, kini Putin yang telah berkuasa selama 24 tahun memiliki lawan yang dianggap ‘seimbang’, seorang wanita muda bernama Yakaterina Duntsova.

Yekaterina Duntsova, seorang pro-perdamaian yang kerap menyerukan perdamaian di Ukraina, pada hari Rabu menyerahkan dokumen kepada Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia untuk mendaftar sebagai kandidat dalam pemilihan presiden negara itu pada tahun 2024.

Legislator regional tersebut berharap dapat menantang Putin, dengan mempromosikan visinya tentang “Rusia yang manusiawi, damai, bersahabat, dan siap bekerja sama dengan semua orang berdasarkan prinsip rasa hormat.”

Calon kandidat presiden Rusia yang akan melawan Putin, Yekaterina Duntsova

Photo :
  • The Seattle Time

Berbicara kepada wartawan di Moskow, Duntsova mengatakan dia berharap acara tersebut akan menginspirasi para pendukungnya. Jika diterima sebagai kandidat independen, mantan jurnalis tersebut selanjutnya harus mengumpulkan 300.000 tanda tangan dukungan dari setidaknya 40 wilayah Rusia.

“Saya merasakan suatu pencapaian: Kami telah melakukan semua yang perlu kami lakukan. Kami telah mengambil langkah ini, dan saya pikir ini akan menginspirasi orang-orang yang mendukung kami,” katanya, melansir Euronews, Jumat, 22 Desember 2023.

“Saya berharap setidaknya saya bisa terdaftar sebagai kandidat. Namun, tentu saja, mengumpulkan tanda tangan adalah pekerjaan besar dan saya berharap masyarakat akan mengambil bagian secara aktif,” lanjutnya.

Parlemen negara bagian Rusia menetapkan 17 Maret sebagai tanggal pemilihan presiden negara itu pada tahun 2024 pada awal bulan ini, yang membuat Putin selangkah lebih dekat dengan masa jabatan kelima.

Kontrol ketat yang dilakukan Putin terhadap sistem politik Rusia selama 24 tahun berkuasa membuat ia bisa terpilih kembali pada bulan Maret. Kritikus terkemuka yang bisa menantangnya berada di penjara atau tinggal di luar negeri, dan sebagian besar media independen telah dilarang.

Berbicara kepada The Associated Press dalam wawancara sebelumnya, Duntsova mengatakan dia takut dengan penargetan Kremlin sebelumnya terhadap aktivis oposisi dan pengunjuk rasa.

Namun dia bersikeras bahwa perlu untuk “menghadirkan alternatif” terhadap Putin dan kebijakannya.

Dia mengatakan bahwa jika terpilih, keputusan presiden pertamanya akan mengamanatkan pembebasan “tahanan politik” Rusia, tanpa menyebutkan nama. Dalam pernyataan sebelumnya, dia berbicara tentang kesiapannya untuk membebaskan musuh bebuyutan Putin, aktivis antikorupsi Alexei Navalny.

Calon kandidat presiden Rusia yang akan melawan Putin, Yekaterina Duntsova

Photo :
  • Wired Italia

Duntsova mengambil langkah pertamanya menuju status kandidat pada hari Minggu ketika pencalonannya didukung oleh 500 pendukung sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang pemilu Rusia.

Lebih dari 500 orang berkumpul di Moskow untuk mendukung upaya tersebut, menurut pembaruan Telegram oleh Sota, sebuah publikasi berita Rusia yang meliput isu-isu oposisi, protes, dan hak asasi manusia.

Pertemuan tersebut akhirnya berjalan tanpa hambatan, meskipun listrik di lokasi padam sebentar dan petugas keamanan pada awalnya menolak mengizinkan beberapa or