Putra Bos Wagner Prigozhin Dikabarkan Akan Menggantikan Ayahnya Jadi Pemimpin Wagner Group

Putra Yevgeny Progozhin, Pavel
Sumber :
  • The Telegraph

VIVA Dunia – Putra Yevgeny Prigozhin yang berusia 25 tahun akan mengambil alih ayahnya dan menjadi bos grup Wagner berikutnya.

Pavel Prigozhin tampaknya mewarisi sebagian besar kekayaan ayahnya, itu termasuk kelompok tentara bayaran, properti, dan sekitar £100 juta, menurut sebuah foto yang diposting di media sosial tentang apa yang tampaknya merupakan wasiat Prigozhin.

Dia sekarang sedang bernegosiasi dengan garda nasional Rusia, Rosgvardia, agar organisasi tentara bayaran bergabung kembali dalam pertempuran di Ukraina, kata Institut Studi Perang.

VIVA Militer: Bos tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia, Yevgeny Prigozhin

Photo :
  • nbcnews.com

Mereka menulis dalam sebuah laporan di Rusia pada hari Minggu: “Saluran Telegram terkemuka yang berafiliasi dengan Wagner mengumumkan pada tanggal 1 Oktober bahwa putra Yevgeny Prigozhin yang berusia 25 tahun, Pavel Prigozhin, telah mengambil alih 'komando' Grup Wagner, dan bahwa Pavel Prigozhin sedang bernegosiasi dengan Rosgvardia tentang meminta Grup Wagner bergabung kembali dalam operasi tempur di Ukraina,” mengutip The Independent, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Yevgeny Prigozhin, yang pernah menjadi pengusaha dengan bisnis katering yang bersahabat dengan Vladimir Putin dan bahkan diberi julukan “koki Putin", mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar sebelum kemudian membuat Grup Wagner yang bersekutu dengan Kremlin, yang mendukung perang Rusia di Ukraina.

Namun, pada bulan Agustus, dua bulan setelah pria berusia 62 tahun itu memimpin milisi pribadinya dalam pemberontakan yang gagal melawan kepemimpinan militer negaranya, dia meninggal dalam kecelakaan pesawat di luar Moskow. Penyebab insiden ini masih belum diketahui. 

Kini, sebuah dokumen yang dibagikan di saluran Telegram, yang belum diverifikasi secara independen, menunjukkan bahwa Prigozhin memiliki surat wasiat yang diaktakan pada tanggal 2 Maret dan mewariskan sebagian besar warisannya kepada putranya. 

“Semua properti saya, serta properti yang mungkin saya peroleh di masa depan, saya wariskan kepada Pavel Evgenyevich Prigozhin,” demikian isi suratnya dikutip dari laman The Times.

Selain Grup Wagner, Pavel akan mewarisi sekitar £100 juta, sebuah rumah tiga lantai di St Petersburg, sembilan perusahaan saham gabungan dan saham di Concord, dan kerajaan katering, menurut dokumen tersebut.

Pria berusia 25 tahun ini, bersama ibunya Lyubov dan kakak perempuannya Polina, telah “memainkan berbagai peran dalam perusahaan bisnis Prigozhin” yang mendapatkan keuntungan dari “status favoritnya di kalangan elit Rusia”. Di antaranya adalah perusahaan Rusia yang dikendalikan Pavel bernama Lakhta Plaza, menurut pengajuan perusahaan. 

Lakhta Plaza dikenai sanksi oleh AS pada Maret 2022 dan telah berbagi auditor dan nomor telepon dengan perusahaan Rusia lainnya selain AS dan UE karena menjadi garda depan Wagner.

Pavel telah bertarung dengan Wagner di Suriah, menurut postingan ayahnya di media sosial, dan dianugerahi “salib hitam” dari kelompok tersebut, yang merupakan pengakuan atas dinas militernya.

Ada harapan di kalangan loyalis bahwa Pavel akan meneruskan warisan ayahnya jika dia mengambil alih komando kelompok tentara bayaran, menurut penyelidikan New York Times bulan ini. 

Putra Yevgeny Progozhin, Pavel

Photo :
  • The Telegraph

Pria berusia 25 tahun ini sudah mengendalikan banyak perusahaan dan kompleks real estate mewah di St Petersburg, menurut Departemen Keuangan AS pada bulan Maret. Ia juga telah dijatuhi sanksi oleh sejumlah negara, termasuk Kanada, Amerika Serikat, dan Inggris. 

Jika Pavel meninggal, menurut dokumen tersebut warisan akan diberikan kepada janda Prigozhin, Lyubov, dua saudara perempuan Pavel dan cucu kepala suku Wagner, dengan kertas yang menunjukkan bahwa cucu tersebut adalah anak Pavel, meskipun hal ini belum diverifikasi secara independen. 

Sementara itu, Pavel dikabarkan harus menafkahi keluarganya, termasuk Violetta, berdasarkan surat wasiat.