Mobil Tabrak Gerbang Baja Rumah PM Inggris Rishi Sunak, Seorang Pria Ditangkap

Mobil menabrak pagar rumah PM Inggris Rishi Sunak di Downing Street di London
Sumber :
  • AP Photo/Alastair Grant

VIVA Dunia – Sebuah mobil menabrak gerbang Downing Street di pusat kota London, tempat kediaman dan kantor Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Aksi tersebut memicu respons keamanan yang cepat dan intens di salah satu tempat paling vital di Kota London.

Dilansir AP, Jumat, tidak ada yang terluka dalam insiden yang terjadi pada Kamis, 25 Mei 2023 itu. Polisi menangkap seorang pria atas kerusakan gerbang Downing Street dan mengemudi secara ugal-ugalan. 

Polisi tidak menganggap insiden itu terkait aksi terorisme. Aparat yang menangkap pria tersebut juga petugas lokal, bukan detektif kontraterorisme, yang biasa menangani penyelidikan kasus terorisme.

Sementara PM Inggris Rishi Sunak tengah berada di kantornya pada saat kecelakaan itu terjadi. Peristiwa itu menghidupkan kembali ingatan akan serangan di distrik pemerintah London.

Mobil menabrak pagar rumah PM Inggris Rishi Sunak di Downing Street di London

Photo :
  • AP Photo/Alastair Grant

Belum jelas apakah kecelakaan itu disengaja. Rekaman video yang diposting di media sosial menunjukkan sebuah mobil hatchback berwarna perak langsung menuju gerbang dengan kecepatan rendah melintasi Whitehall, jalan raya utama di distrik pemerintah London.

"Saya mendengar ledakan dan melihat ke atas dan melihat banyak polisi dengan senjata taser meneriaki pria itu," kata saksi Simon Parry, 44 tahun. "Banyak kendaraan polisi datang dengan sangat cepat dan sangat cepat untuk mengevakuasi daerah tersebut,"

BBC menunjukkan foto petugas membawa pergi seorang pria dengan tangan terborgol di belakang punggungnya.

Cuplikan rekaman segera setelah itu menunjukkan sebuah mobil dengan bagasi terbuka di depan gerbang baja yang tinggi. Beberapa petugas polisi dengan cermat memeriksa kendaraan tersebut, mengeluarkan barang-barang dari bagasi dan di dalam mobil dan memasukkannya ke dalam tas barang bukti.

Sekitar dua jam setelah kecelakaan, sebuah mobil pengangkut tiba untuk mengambil kendaraan tersebut.

Mobil menabrak pagar rumah PM Inggris Rishi Sunak di Downing Street di London

Photo :
  • AP Photo/Alastair Grant

Petugas menutup area yang luas di distrik pemerintah London, tetapi penghalang dibuka kurang dari dua jam setelah tabrakan terjadi, memungkinkan orang kembali ke Whitehall. Jalanan yang biasanya dipenuhi pegawai negeri dan turis yang ingin melihat Gedung Parlemen terdekat dan bangunan bersejarah lainnya.

"Sebuah penjagaan kecil tetap dilakukan di luar Downing Street setelah sebuah mobil bertabrakan dengan gerbang sore ini," kata Polisi Metropolitan dalam sebuah pernyataan. 

"Insiden itu sedang ditangani oleh petugas lokal di Westminster dan saat ini tidak diperlakukan sebagai terkait teror,"

Downing Street adalah jalan sempit dengan deretan rumah bergaya Georgia yang mencakup kediaman resmi PM Inggris di No. 10.

Akses publik ke jalan dibatasi dan gerbang baja berat dilindungi setiap saat oleh petugas polisi bersenjata. Bollards dan penghalang kerumunan logam juga membantu mencegah ancaman.

Gerbang tersebut didirikan pada tahun 1989 sebagai tanggapan atas ancaman dari militan Tentara Republik Irlandia. Pada tahun 1991 IRA menembakkan tiga mortir ke jalan, salah satunya meledak di halaman belakang rumah No. 10 saat Perdana Menteri John Major memimpin rapat Kabinet di dalam. Tiga petugas polisi dan seorang pegawai negeri menderita luka ringan.

Mobil menabrak pagar rumah PM Inggris Rishi Sunak di Downing Street di London

Photo :
  • Ben Hatton/PA via AP

Daerah itu menjadi sasaran pada tahun 2017, ketika seorang ekstremis yang terinspirasi oleh kelompok Negara Islam membunuh empat orang dengan kendaraan di Jembatan Westminster sebelum menikam seorang polisi hingga tewas di luar Parlemen.

Tempat-tempat kekuasaan di seluruh dunia seringkali menjadi magnet bagi protes, dan terkadang serangan kekerasan. Insiden itu terjadi tiga hari setelah seorang pria menabrakkan truk sewaan ke penghalang keamanan di luar Gedung Putih di Washington, keluar dan mulai mengibarkan bendera Nazi. Sai Varshith Kandula, 19, telah didakwa merusak A.S. Properti.