Global Media Congress Hadirkan Lebih dari 1.600 Jurnalis dari Seluruh Dunia

Global Media Congress di Abu Dhabi.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi.

VIVA Dunia – Global Media Congress (GMC) yang diadakan di bawah perlindungan Yang Mulia Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, Deputy Prime Minister and Minister of the Presidential Court, melibatkan lebih dari 1.600 jurnalis dari enam benua yang meliput kegiatan Kongres. GMC sendiri berlangsung pada 15-17 November 2022 di Abu Dhabi National Exhibition Centre (ADNEC). 

Global Media Congress diselenggarakan oleh ADNEC Group dalam kemitraan dengan Emirates News Agency (WAM) dan mencakup pameran dan konferensi yang menawarkan platform ideal untuk bertukar ide dan pengalaman tentang berbagai topik, termasuk kecerdasan buatan, data, teknologi revolusioner, dan konsumen  perilaku, selain tren dan ekspektasi media utama. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Acara tersebut menghadirkan jurnalis yang datang untuk meliput dari 141 negara, di antaranya Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Jurnalis dari Asia berjumlah 78 persen dari total jurnalis yang meliput kongres, Afrika 11 persen, Eropa 5 persen, Amerika Selatan 2 persen, dan 3 persen dari Amerika Utara dan Australia.

Outlet media tradisional, termasuk surat kabar, saluran TV dan radio, serta situs web menyumbang bagian terbesar dari profesional media yang berpartisipasi dengan tingkat 52,5 persen dari jumlah total peserta. Selain itu, perwakilan kantor berita dari 126 negara berjumlah 23 persen dari total peserta, sementara jurnalis yang mewakili surat kabar dan situs web menyumbang 18 persen dari total, dengan majalah dan saluran TV mencapai 10 persen dan saluran radio 1,5 persen.

Acara Global Media Congress di Abu Dhabi

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Platform media baru menyumbang 47,5 persen dari total peserta dalam liputan kegiatan kongres, yang menarik banyak pengaruh terkemuka dari nasional dan dunia.

Global Media Congress melibatkan lebih dari 30 debat dan lokakarya yang menampilkan lebih dari 162 pembicara terkenal. Selain itu, pameran ini menjadi tuan rumah bagi lebih dari 170 perusahaan media terkemuka dan perusahaan dari 38 negara dari seluruh dunia, menampilkan teknologi internasional terkini. Sejumlah acara pendamping yang diadakan untuk pertama kalinya di Timur Tengah, turut dihadirkan.

Edisi pertama Global Media Congress mencakup Global Buyers Program, yang menyatukan lebih dari 170 pembeli untuk menawarkan platform luar biasa yang menyatukan pembeli dan pemasok paling terkemuka dari seluruh dunia untuk menyoroti teknologi dan layanan terbaik di sektor media.

Kongres ini menampilkan enam prakarsa utama yakni Platform Pertunjukan Langsung, Program Global untuk Memberdayakan Profesional Media Muda, Lab Media Masa Depan, Platform Inovasi, Global Buyers Program, dan sesi khusus tentang peran media dalam menguatkan budaya toleransi dalam masyarakat.