The Cheddar Man, Bukti Orang Inggris Dulu Kulit Hitam

The Cheddar Man, fosil manusia yang menjadi cikal bakal orang Inggris pertama pada 10 ribu tahun lalu.
Sumber :
  • VIVA/telegraph

VIVA – Riset analisis DNA terhadap orang Inggris modern pertama pada 10 ribu tahun lalu menunjukkan jika mereka berkulit gelap sampai hitam.

Ini didapat dari penelitian terhadap sebuah fosil yang dikenal sebagai Cheddar Man yang ditemukan lebih dari satu abad lalu di gua Goughs di Somerset Inggris.

Penelitian pun memastikan jika orang Inggris saat ini adalah keturunan dari populasi The Chedddar Man yang ditemukan.

Ahli Biologi dari College University London pun menyebutkan jika keterkaitan sejarah antara Inggris dan Kulit Putih kini bukan lagi sebuah fakta.

"Bukan sebuah kebenaran yang tidak dapat diubah. Itu selalu berubah dan akan berubah," ujarnya seperti dikutip theguardian, Rabu, 7 Februari 2018.

Diketahui dari riset terhadap The Cheddar Man, menunjukkan bahwa nenek moyangnya sebelumnya akan meninggalkan Afrika untuk pindah ke Timur Tengah dan kemudian menuju barat ke Eropa.

"Saat ini sekitar 10 persen keturunan Inggris dapat dikaitkan dengan populasi kuno ini," demikian hasil riset tersebut menyebutkan.

Para ilmuwan juga percaya, jika orang-orang di Eropa memang akan memiliki kulit pucat dari waktu ke waktu, karena kulit ini bisa menyerap lebih banyak sinar matahari untuk menghasilkan vitamin D.