Wow, Iklan 30 Detik di Piala Oscar Bertarif Rp27,9 Miliar

Persiapan Ajang Piala Oscar 2017.
Sumber :
  • REUTERS / Mike Blake

VIVA.co.id – Academy Awards ke-89 akan digelar di Los Angeles Minggu malam waktu setempat, 26 Februari 2017, atau Senin pagi WIB. Di balik kehebohan prediksi peraih penghargaan di ajang perfilman bergengsi Hollywood itu – yang populer disebut Piala Oscar – ada hal lain yang menarik perhatian. Menjadi pusat perhatian penikmat industri perfilman Hollywood, berapa harga iklan yang dipasang di acara ini?

Perhelatan Piala Oscar 2017 akan disiarkan di stasiun TV ABC. Menurut LA Times, untuk iklan 30 detik yang muncul di acara ini harganya mencapai US$2,1 juta atau Rp27,9 miliar. Banyak produk yang akan muncul tahun ini, termasuk di antaranya American Express, McDonalds, General Motors, Samsung, Revlon, GEICO, dan AARP.

Berdasarkan data di tahun 2016, ABC meraup US$115 juta keuntungan untuk ajang penghargaan dan karpet merah ini. Angka tersebut menurun jika dibandingkan Oscar 2015 yang angka penjualan iklannya mencapai US$125 juta. Pihak Academy juga menerima pendapatan yang berbeda untuk distribusi internasional yang ditangani oleh Disney.

Ajang Oscar menjadi pusat perhatian karena acara ini dianggap sebagai ladang penonton yang subur. Audiens terbesarnya berkaitan dengan aneka program hiburan, kecuali olahraga.

Para wanita pun menonton acara ini untuk melihat penampilan dan busana para selebriti. Oscar juga ditonton di lebih dari 225 negara dan wilayah dari seluruh dunia yang ikut ramai membincangkannya di media sosial.

"Ia (Oscar) punya audiens yang luas, langsung, dan subur. Itulah mengapa sangat memengaruhi harganya (iklan)," kata Jon Swallen, ketua penelitian di Kantar Media.

Meski begitu, harga ini masih 58 persen lebih kecil dari Super Bowl, acara olahraga besar di Amerika Serikat, dilansir WalletHub. (ren)