Hingga Akhir Tahun, Penumpang Kereta Api Naik 8%

Calon penumpang kereta api di Stasiun Kereta Api Kota Malang, Jawa Timur, 29 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A. Pitaloka

VIVA.co.id – Hingga hari ketujuh masa angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta telah mengangkut sebanyak 211.571 penumpang.

Menurut Manajer Humas Daop 1 Jakarta, Sapto Hartoyo, sebanyak 75.752 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, 127.082 penumpang dari Stasiun Pasar Senen, dan sisanya 8.917 penumpang dari stasiun keberangkatan lain yang berada di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta. 

"Jumlah penumpang yang diangkut tahun ini meningkat delapan persen dalam kurun waktu yang sama, jika dibandingkan tahun lalu yakni sebesar 196.677 penumpang," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis 29 Desember 2016. 

Sapto menjelaskan, pada masa Angkutan Nataru 2016/2017 ini, PT KAI Daop 1 Jakarta total menyiapkan 77 kereta api (KA) terdiri dari 52 KA reguler, 8 KA fakultatif, serta 17 KA tambahan, meningkat 17 persen dibandingkan jumlah KA tahun lalu yang hanya 66 KA. 

Peningkatan jumlah KA ini sebanding dengan prediksi jumlah penumpang yang diangkut sepanjang masa Angkutan Nataru 2016/2017 yakni 1.288.153 penumpang atau meningkat enam persen dibanding tahun lalu. Sedangkan jumlah tempat duduk yang disediakan per harinya mencapai 34.144 seat per hari.

"Bagi penumpang yang hendak bepergian ke kota Cirebon dan Bandung menggunakan kereta api sampai 31 Desember tiketnya masih tersedia, namun terbatas hanya sekitar 20 persen. Untuk kereta tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti Semarang, Solo, Purwokerto, Surabaya, maupun Malang sudah habis ketersediaan tiketnya," tutur Sapto.

Tiket KA dengan tujuan kota-kota tersebut baru tersedia lagi mulai tanggal 1 Januari 2017. Data ini bersifat online, dan ketersediaan tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA tersebut dapat melakukan pemesanan tiket di loket penjualan di stasiun online, Contact Center 121, channel eksternal penjualan tiket PT KAI, aplikasi KAI Access, dan internet reservation.