Perumnas Akan Jadi Holding BUMN Perumahan

Gedung Perum PERUMNAS
Sumber :

VIVA.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah gencar untuk membentuk holding BUMN guna perkuat daya saing. Pembentukan holding BUMN akan dilakukan mulai dari BUMN di sektor energi, pertambangan, konstruksi, jalan tol, hingga perumahan.

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN, Pontas Tambunan mengatakan bahwa untuk BUMN perumahan kemungkinan besar yang menjadi induk adalah Perum Perumnas yang mana sahamnya masih dimiliki secara penuh oleh pemerintah. 

"Tadi karena kan masih dalam pembicaraan (dengan kementerian terkait), jadi masih bisa kita ubah-ubah, tapi untuk jadi Induk, dia harus 100 persen yang pertama dan kedua, organisasinya enggak terlalu rumit supaya bisa di-set up ulang," kata Pontas di kantor Kementerian BUMN, Rabu 11 Mei 2016. 

Ia merincikan di sektor perumahan ada beberapa BUMN di antaranya adalah PT Pembangunan Perumahan (PP)  Tbk, Perum Perumnas dan BUMN lainnya,

"Jadi Ada PT PP, ada Perumnas dan BUMN Perumahan lainnya, kemungkinan besar Perumnas (jadi induk)," kata dia. Namun, hal ini masih dalam pembicaraan dengan kementerian terkait seperti Kementerian Keuangan.