MNC Alokasikan Dividen 50% dari Laba Bersih

Ilustrasi uang banyak.
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Manajemen PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) akan membagikan dividen final sebesar Rp42 per saham, dari perolehan laba bersihnya sepanjang 2015, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Direktur Keuangan Perseroan Faisal Dharma Setiawan menjelaskan, rencana pembagian dividen sebesar Rp592 miliar, atau sekitar 50 persen dari laba bersih yang dihasilkan perusahaan sepanjang 2015, sudah disetujui pemegang saham MNC.

"Di tengah kondisi perekonomian yang belum stabil saat ini, kami berhasil mencatat kinerja yang baik di 2015. Pembagian dividen itu adalah bentuk apresiasi kepada pemegang saham MNC," kata Faisal di Jakarta, Senin, 2 Mei 2016.

Ia menambahkan, bahwa selain membagikan dividen, manajemen juga membukukan sekitar Rp1 miliar untuk dana cadangan.

"Adapun sisanya, dibukukan sebagai laba ditahan, untuk memperkuat struktur permodalan perseroan," jelasnya.

Kemudian, dalam rapat juga telah disetujui untuk menetapkan pembagian bonus, di mana kewenangan untuk menentukan mengenai besarnya bonus serta pelaksanaan pembagian, diberikan kepada Direksi Perseroan.

Selain RUPST, perusahaan juga telah menyelenggarakan RUPS Luar Biasa. Hasilnya, pemegang saham menyetujui untuk mengeluarkan sebanyak-banyaknya 283.972.278 saham perseroan, atau dua persen dari jumlah seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan, dengan tanpa memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) kepada pemegang saham, sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 38/POJK04/2014.

"Yang akan dialokasikan untuk program kepemilikan saham perseroan oleh karyawan, Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan (Program EMSOP)," ujarnya.