Telkomsigma Luncurkan Inovasi Bank Digital Karya Anak Bangsa
- Viva.co.id/Agus T. Harjanto
VIVA.co.id – PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) memperkenalkan Arium Banking Suites, sebuah solusi yang diperuntukkan bagi dunia perbankan. Solusi tersebut diharapkan dapat mewujudkan kebutuhan industri layanan perbankan berbasis digital terbaik pada nasabah.
Arium Banking Suites merupakan rancangan anak bangsa, di mana dibuat oleh 250 programmer lokal yang berasal dari kalangan mahasiswa di perguruan tinggi dalam negeri, misalnya dari ITS, ITB, hingga Telkom University.
"Arium ini buatan anak bangsa yang sesuai dengan regulasi di sektor keuangan. Kami segarkan dengan nama Arium Banking Suites, agar pelanggan dari segmen perbankan kian kompetitif di era digital banking," ungkap Chief Executive Officer (CEO) Telkomsigma, Judi Achmadi di Jakarta, Rabu, 20 April 2016.
Arium dikembangkan oleh Telkomsigma sejak Desember 2011. Kehadiran Arium ini mempunyai kemampuan untuk melakukan proses transaksi secara detail dan menyeluruh.
Penyegaran Arium, kata Judi, karena perekonomian nasional diprediksi membaik pada tahun ini. Sektor perbankan dipandang akan memiliki kinerja yang baik dari pada tahun sebelumnya.
Namun, hal itu akan memunculkan persaingan ketat dari para pelaku perbankan, sehingga mereka berlomba-lomba berinovasi menghadirkan layanan terbaik melalui pemanfaatan TI.
"Sebagai mitra teknologi pilihan industri perbankan di Indonesia, saat ini Telkomsigma melakukan transformasi solusi terintegrasi berbasis digital yang siap didukung perbankan Indonesia untuk lebih berkembang dan inovatif melalui Arium Banking Suites. Dan software ini murni produk bangsa," ungkap Judi.
Judi menjelaskan, pada Arium versi terbaru, aplikasi tersebut sudah dilengkapi Graphic User Interface, memudahkan nasabah untuk menikmati layanan perbankan 24 jam, mempercepat proses data, mudah diintegrasi dengan berbagai channel branchless, dan adaptif terhadap pertumbuhan bisnis.
Wajah baru Arium itu dikarenakan kebutuhan nasabah sudah bergeser pada pelayanan cepat, mudah, dan dapat dikendalikan nasabah. Sementara itu, dari sisi perbankan, harus bisa memberikan layanan digital end-to-end.
Artinya, antara layanan di customer service dan back office berjalan cepat, serta sistem pengumpulan pembayaran dilakukan secara digital.
"Telkomsigma sebagai bagian dari Telkom Indonesia memperkuat kolaborasi channel link yang ada di dalam Telkom Group yang akan memperluas jangkauan penjualan solusi ini. Karena, solusi ini akan dijual oleh 1.000 account manager Telkom Indonesia dan akan dipimpin langsung oleh direktorat CFU Enterprise Telkom Indonesia," kata Direktur Enterprise Business Telkom Indonesia, Muhammad Awaludin.
Hingga saat ini, ada 50 bank yang terdaftar menjadi pelanggan Arium. Diharapkan para pelanggan Arium tersebut dapat bermigrasi ke versi yang terbaru.
Peran Telkomsigma dalam mendukung pengembangan infrastruktur digital di antaranya dengan membantu sistem TI para UKM. Anak usaha Telkom ini memberikan layanan solusi perbankan untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sejak Juni 2015. Ditargetkan menambah 100 BPR yang bergabung, sehingga totalnya semuanya 200 BPR bergabung di sistem ini hingga akhir 2016.
"Secara nasional, target jangka panjang adalah 1.600 BPR seluruh Indonesia bergabung," ucapnya.