Pemerintah Bangun Pariwisata Halal di Aceh dan Sumbar

Leonardo DiCaprio di Aceh
Sumber :
  • gunungleuser.or.id

VIVA.co.id - Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Oneng Setya Harini mengatakan pemerintah sedang merencanakan pariwisata halal di Aceh dan Sumatera Barat (Sumbar).

"Setelah Lombok, kami arahkan Aceh dan Sumatera Barat menjadi destinasi halal tourism," kata Oneng dalam diskusi Peluang Koperasi Kelola Bisnis Gurih Pariwisata di Galeri UKM Gedung Smesco, Jakarta, Rabu 6 April 2016.

Ia menambahkan, Indonesia memiliki potensi yang lebih bagus daripada negara tetangga lainnya. Khusus untuk pariwisata halal sendiri, dia optimistis Indonesia bisa lebih baik daripada Malaysia, yang memang sudah lebih dulu menerapkan pariwisata halal.

"Kita sudah mendapatkan penghargaan destination halal tourism di Lombok, kemudian honeymoon halal tourism, dan Sofyan Hotel juga mendapatkan penghargaan. Untuk daya tariknya apa, tentu saja budaya. Karena, Aceh kan budaya Islaminya kuat. Jadi budaya, saya kira juga potensi alam juga bisa," kata Oneng.

Menurutnya, untuk target kapan pariwisata halal ini akan mulai dicanangkan, ia tak memberikan waktu pastinya. Ia menjelaskan Kemenpar selalu berpegang pada prinsip solid, speed, and smart. Berkaca dari prinsip tersebut, dia menilai harus cepat mewujudkan destinasi pariwisata halal.

"Beliau (menteri Kemenpar) selalu mendorong untuk bekerja cepat. Jadi, kalau 2016 sudah terwujud, bisa mendorong lagi pasar-pasar Malaysia," kata Oneng. (asp)