Apple Diam-diam Bikin Aplikasi untuk Pindah ke Android

Sumber :
  • REUTERS/Chance Chan/Files

VIVA.co.id - Apple dikabarkan secara diam-diam sedang mengembangkan aplikasi yang memudahkan pengguna iPhone bisa beralih ke Android. Kabar itu disampaikan oleh seorang sumber senior industri mobile kepada koran Inggris, The Telegraph.

Menurut sumber tersebut, langkah Apple itu untuk menjawab tekanan dari para operator mobile yang menginginkan pelanggan bisa mudah beralih dari iPhone ke ponsel berbasis Android. Diketahui beberapa operator telekomunikasi besar Eropa yang mengeluhkan sedikitnya pelanggan yang pindah dari iPhone. Problemnya karena mereka susah untuk memindahkan data ke perangkat lain.

Dikutip dar Telegraph, Senin 11 Januari 2016, sumber menyebutkan Apple secara rahasia setuju untuk mengembangkan tool sederhana yang membantu penggunanya menggantikan data, musik dan foto jika mereka beralih ke perangkat Android.

Jika tool tersebut akhirnya tersedia, diharapkan itu akan mewakili peralihan signifikan Apple. Sebab diketahui selama ini pendiri Apple, Steve Jobs punya visi agar pengguna iPhone harus dikunci dalam ekosistem mereka, untuk menghindari persaingan ketat dengan kompetitor mereka, Samsung.

Dominasi iPhone di Benua Biru sudah lama menjadi perhatian otoritas Eropa. Pada 2013, Komisi Eropa sudah mengirimkan kuesioner untuk mencari informasi yang secara potensial bisa menahan jalu Apple. Namun saat itu, kuesioner itu tak mendapatkan respons, operator tak ada yang berbicara dan akhirnya upaya penyelidikan itu pun dihentikan.

Jika Apple disebutkan sedang membuat aplikasi yang bakal memudahkan pengguna beralih ke Android, produsen iPhone itu sudah punya aplikasi sebaliknya. Dikutip dari Business Insider, diketahui Apple sudah pernah punya aplikasi Move to iOS, yang bertujuan membantu pengguna Android untuk mudah mengalihkan data, kontak, foto dan lainnya ke perangkat iPhone. Tercatat Move to Android merupakan satu dari tiga aplikasi yang dibuat Apple untuk platform Android.

Terkait dengan kabar ini, Apple belum memberikan komentar. (ren)