Cara Hindari Stres Pekerjaan Ketika Sudah di Rumah

Ilustrasi pekerja Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Lee Jae-Won

VIVA.co.id - Pada akhir hari kerja, Anda bisa saja langsung bergegas meninggalkan kantor, mematikan telepon, dan komputer, serta mengganti seragam dengan baju santai.

Sayangnya, Anda tidak dapat mematikan bagian otak yang masih disibukkan dengan masalah kerja. 

Tetapi, tidak perlu khawatir, sebuah studi baru menunjukkan ada strategi sederhana untuk menjauhkan diri Anda masalah-masalah kantor sejenak saat sudah sampai di rumah. 

Dilansir dari Business Insider, Rabu 23 Desember 2015, triknya sederhana, yaitu sebelum Anda pulang, tuliskan persis bagaimana Anda berencana untuk menyelesaikan tugas-tugas yang belum selesai, untuk panduan hari esok. 

Survei yang dipimpin Brandon Smit di Ball State University, melibatkan 100 orang pekerja yang sangat tergantung pada pekerjaannya untuk menjalani hidup. Prosesnya dilakukan selama satu minggu dan perkembangannya diperbaharui setiap hari. 

Hasil penelitian menunjukkan, di antara pekerja yang pekerjaannya merupakan pusat kehidupan mereka, latihan untuk merencanakan sesuatu atau to do list setiap harinya. Mampu mencegah masih terbebannya pikiran mengenai pekerjaan, ketika Anda sudah sampai di rumah. 

"Menciptakan perencanaan di akhir hari, untuk tujuan yang lengkap adalah seperti pilihan penerbangan murah, baik yang berkaitan dengan waktu dan uang, untuk meningkatkan kesehatan kerja karyawan dan kinerja," ujarnya.

Terlepas dari hal tersebut, perlu dicatat bahwa latihan ini bukanlah satu-satunya obat mujarab. Studi ini menemukan bahwa latihan perencanaan tidak sepenuhnya mencegah orang dari memikirkan pekerjaan pada umumnya.

Apalagi, ada pemikiran tentang rekan malas atau promosi Anda tidak mendapatkan mungkin masih merayap. (asp)