Bintangi 'Bait Surau,' Rio Dewanto Lebih Religius

Rio Dewanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Al Amin

VIVA.co.id - Rommy seorang eksekutif muda sukses dan mapan. Namun, dalam kehidupannya syarat dengan kemaksiatan. Itu sepenggal jalan cerita film Terbaru Rio Dewanto yang berjudul 'Bait Surau' yang akan tayang Oktober 2015. Rio mengatakan bahwa film religi terbarunya ini, merupakan perenungan dirinya.

"Ini film yang membuat saya jadi intropeksi diri. Jujur, setelah film Hanung berjudul  '?'  itu, saya jadi penasaran dengan film religi berikutnya, makanya di film ini saya totalitas sekali," ujar Rio Dewanto, Senin 24 Agustus 2015.

Rio mengaku banyak mendapatkan pelajaran berharga lewat film terbarunya ini. Selain mendapat masukan positif, Rio juga merasa jalan cerita film tersebut menjadi sindiran untuk kehidupan pribadinya selama ini.

“Film ini, merupakan sindirin buat saya juga. Saya muslim, tapi dibilang baik juga enggak. Seperti, ibadah puasa dan shalatnya juga masih sering bolong. Namun, alhamdulillah, saat bermain di film ini, saya jadi banyak belajar agama," ujar suami Atikah Hasiolan ini.

Dalam kesempatan ini Rio pun mengungkapkan bahwa film Bait Surau adalah bentuk cerminan masa lalunya. "Ketika baca skenarionya, film ini sangat mirip saya banget. Karena saya dulunya emang bandel banget," katanya sambil tertawa.

Lebih lanjut, Rio yang kini sebagai pemimpin rumahtangga mengaku bahwa dengan banyak membaca Al-quran, dia merasa lebih nyaman dan tenang.

"Itu yang saya rasakan. Manfaatnya sangat baik bagi hati, fikiran yang lagi galau. Saya merasa dengan membaca Al Qur'an, membuat pikiran saya juga menjadi terbuka untuk menjalani ajaran Islam dengan baik," ucap aktor 27 tahun.
 
Rio yang memerankan sosok Rommy dalam film Bait Surau, mengaku sangat serius dalam memerankan sosoknya. Dalam film bergenre religi tersebut, ia berperan sebagai pria muslim yang tidak menjalankan tuntutan agamanya dengan benar.

Pria bertato ini berperan sebagai Rommy. Dia berupaya mencari jati dirinya dengan pergi mengunjungi salah satu kampung, mencari temannya, Ramdan (Ihsan Idol), yang pernah diusirnya. Ramdan merupakan pembantu Rommy  yang mengajarkan tentang ajaran Islam sesungguhnya. Berkat Ramdan, Rommy pun berubah 360 derajat menjadi lebih baik.

Di film Bait Surau ini, Rio membawakan dua buah lagu untuk soundtrack film yang di produksi oleh Two Synergy Picture itu. Dalam beberapa wawancara, Rio memang sering mengungkapkan keinginannya untuk menyanyi. Maklum saja, sebelum terjun ke dunia akting, Rio memang lebih dahulu aktif di dunia musik.
 
"Sebelum terjun akting, saya dulunya penyanyi band. Baru setelah itu saya diajak casting, itu pun awalnya masih jadi figuran. Terus akting sampai sekarang," ungkap Rio.
 
Di Bait Surau, Rio yang memerankan karakter Rommy, menyanyikan lagu berjudul 'Karena Ku Cinta Kamu' dan 'No Regret'. "Saya suka sama lagunya, dan banyak yang terlibat di film ini yang membantu saya untuk proses ini," tambahnya.
 
Tidak seperti film-film nasional lainnya yang menjadikan novel sebagai kekuatan cerita filmnya, Bait Surau justru sebaliknya. Skenario Bait Surau yang ditulis oleh S Richyana, akhirnya diwujudkan dalam bentuk novel oleh Rakha Wahyu dan Yus Ismail. (ren)