Pertalite Rebut Pasar Premium
Rabu, 5 Agustus 2015 - 13:57 WIB
Sumber :
- ANTARA/M Agung Rajasa
VIVA.co.id - PT Pertamina mengklaim, Pertalite telah mendapatkan tempat tersendiri bagi konsumen di Indonesia. Selama hampir dua pekan dilepas ke pasar, sekitar 12 persen konsumen bahan bakar minyak (BBM) yang dijual perusahaan pelat merah tersebut.
Baca Juga :
Bahkan, menurut Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, banyak konsumen Premium RON 88 dan Pertamax, bermigrasi menggunakan BBM baru tersebut.
"Pertalite RON 90 sudah memegang share sekitar 12 persen dari market kami secara total," ujar Dwi di kantornya, Jakarta, Rabu 5 Agustus 2015.
Dia memaparkan, konsumen Premium yang bergeser ke Pertalite tercatat lebih dari 10 persen dari total konsumen Pertamina. Karena pergeseran kualitas Pertalite lebih dari dibanding Premium, pengguna Pertamax lebih sedikit yang beralih ke Pertalite yaitu sekitar satu persen.
"Yang pindah itu mayoritas dari Premium," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, di tempat yang sama.
Berdasarkan data Pertamina, penjualan Premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) per harinya mencapai 19,06 kilo liter (KL), Pertalite 3,2 KL per hari, Pertamax RON 92 sebanyak 4,3 KL, dan Pertamax Plus RON 95 sebanyak 0,46 KL per hari.
Pangsa pasar premium masih terbesar dalam penjualan BBM Pertamina, yaitu 71 persen. Disusul Pertamax sebesar 16 persen, Pertalite 12 persen, dan Pertamax Plus mencapai dua persen. (ase)