Telur Ikan Termahal di Dunia: Rp514 Juta per Sendok

Ilustrasi caviar atau telur ikan salmon
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Berapa banyak uang yang bersedia Anda keluarkan guna menikmati makanan paling eksklusif di dunia? Jika jawabannya tidak terbatas, berarti Anda bisa menikmati menu istimewa ini.

Bernama “White Gold” alias emas putih, telur yang dihasilkan ikan salmon albino ini dibanderol US$40 ribu per sendok atau setara Rp514 juta. Dilansir Oddity Central, telur ikan tersebut dijual seharga US$300 ribu atau Rp3,8 miliar.

Oleh karena itu, tidak heran bila makanan ini disebut-sebut sebagai makanan termahal di dunia. Telur ikan ini pun hanya tersedia di restoran tertentu.

Bagaimana asal makanan kaum jetset ini bermula?

Makanan yang punya nama asli strottarga bianco ini merupakan hasil kreasi nelayan Austria bernama Walter Gruell, 51 dan putranya, Patrick. Telur ikan tersebut didapatkan dari jenis ikan langka, yakni sturgeon albino.

Saking langkanya ikan tersebut, ayah dan anak itu harus menunggu lama untuk menghasilkan satu kilogram telur. Agar setara dengan namanya, telur ikan ini dilapisi emas 22 karat, yang menambah tinggi harganya.

Adapun, ikan sturgeon albino tersebut, umumnya hidup di Laut Kaspia, namun kini hampir punah. Kondisi itu yang membuat telurnya sangat berharga, baik untuk dikonsumsi, maupun guna menjaga kelangsungan hidup spesies tersebut. Ikan sturgeon albino tersebut, bisa hidup hingga 100 tahun, dan semakin tua umur ikan, semakin nikmat telur yang dihasilkan.

Patrick dan Walter mengklaim bahwa telur yang mereka produksi juga bebas polusi, karena ikan yang mereka tangkap untuk diambil telurnya itu hidup di perairan murni, dekat pegunungan.

“Itulah alasan utama mengapa telur ini rasanya begitu segar dan nikmat,” kata Patrick, sembari menyebutkan, bubuk emas yang ditambahkan hanya dalam dosis kecil yang bisa mendukung kesehatan manusia.

“Emas bagus bagi kekebalan tubuh,” imbuhnya.

Restoran yang membeli kaviar tersebut menggunakan sebagai bahan dalam menu istimewa mereka. Sushi, risotto, bahkan olesan roti akan terasa istimewa menggunakan strottarga bianco.

Tertarik mencoba? (art)


Baca juga: