Jadi "Anak-Bapak", Agus Kuncoro Berdebat dengan Ikranegara

Agus Kuncoro
Sumber :
  • wowkeren

VIVAlife - Memerankan tokoh penting yang berjuang melawan penjajah pada masanya membuat dua aktor senior, Ikranegara dan Agus Kuncoro sering berdebat. Masing-masing memerankan tokoh pejuang KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Wahid Hasyim.

Mendapatkan chemistry antara "bapak-anak" itu pun tak begitu sulit bagi keduanya. Bahkan, Agus menyatakan, meski baru pertama kali bekerja bersama Ikranegara, sudah seperti orang tua sendiri.

"Seperti menganggap orangtua," kelakarnya dijumpai dalam konferensi pers "Sang Kiai" di Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa malam 21 Mei 2013.

"Kami kan selalu dikondisikan seperti itu. Sutradara, orang produksi selalu mengondisikan kami di lokasi selalu bersama. Ya, di kesempatan itu aku bangun chemistry, mulai dari reading segala macemnya," ungkap lelaki yang juga bermain di serial "Para Pencari Tuhan" itu.

Dalam membangun chemistry, tak jarang Agus dan Ikra berdebat mengenai ideologi masing-masing.

"Yang pasti Om Ikra sangat kooperatif kok, luar biasa. Kami berdialog dan berdebat. Kami sering berantem-beranteman, masalah saya dengan ideologi saya," katanya.

Menjadi sosok Wahid Hasyim, Agus banyak belajar dari keluarga Hasyim. Agus pun banyak membaca buku tentang guru besar itu. Ia mendalami semuanya sampai hal-hal paling kecil tidak ia lewatkan.

"Selebihnya saya melihat gerakan-gerakan anak-anaknya. Seperti Gus Dur gimana, Gus Solah gimana, karena kan buah jatuh nggak jauh dari pohonnya, pasti hampir seperti itu lah," ujarnya.

Agus juga sangat berharap film yang bagus ini bisa menggugah rasa nasionalisme anak muda. Sebab, menurut dia, saat ini anak muda tidak banyak mengetahui siapa sosok KH Hasyim Asy'ari.

"Pejuang (Indonesia) hanya tahu dari nama jalan, tapi nggak tahu bagaimana proses mereka dan membuat blue print-nya Indonesia. Dengan begini, kan film ini menimbulkan rasa nasionalisme dan itu membuat saya jadi bangga memerankan tokoh itu," tutur Agus. (art)