Program CSR KINO dan Hypermart

CSR dari PT Kinocare Era Kosmetindo (KINO) & Hypermart
Sumber :

VIVAlife – Bertepatan dengan bulan suci Ramadan kali ini, PT Kinocare Era Kosmetindo (KINO) yang merupakan salah satu perusahaan consumer goods besar di Indonesia dengan produk-produk andalannya serta market leader di kategorinya, bekerja sama dengan Matahari Food Business (pengelola Hypermart) mengadakan rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR).

Bertema “Berbagi Kasih dengan Ketulusan Hati di Bulan Suci Ramadan," perusahaan berbagi dengan 1.000 orang anak yatim piatu se-Indonesia, dimulai di Rumah Belajar Keluarga Anak Langit yang berlokasi di sisi sungai Cisadane, Tanah Gocap, Tangerang, pada Rabu 25 Juli 2012.

Rangkaian program CSR ini memberikan bantuan pendidikan bagi anak yatim piatu kepada 1.000 anak yang berada di 15 kota di sekitar gerai Hypermart, di antaranya, Tangerang, Cirebon, Cianjur, Cimanggis, Bandung, Serang, Gresik, Bekasi, Kediri, Sidoarjo-Surabaya, Lampung, Gorontalo, Samarinda, Pontianak, dan Madura.

Bantuan tersebut juga merupakan partisipasi aktif dari konsumen setia salah satu produk KINO yaitu Larutan Penyegar CAP KAKI TIGA dan Liang Teh Cap Panda, di mana setiap pembelian satu buah produk tersebut di Hypermart, konsumen turut menyisihkan Rp600, untuk disumbangkan kepada 1.000 anak yatim piatu se-Indonesia.

Pada saat bersamaan, dilakukan pengobatan gratis oleh KINO bekerja sama dengan Hypermart dalam rangka pembukaan gerai Hypermart yang ke-72 di Mall Bale Kota, Tangerang.

"Pendidikan merupakan dasar penting bagi anak-anak selaku generasi penerus bangsa. Untuk itu, anak-anak berhak mendapatkan pendidikan yang baik tanpa memandang status sosial ekonomi,” ujar Director Merchandising and Marketing Matahari Food Business (MFB), Meshvara Kanjaya.

MFB juga sangat menyambut baik program CSR dengan KINO. Kegiatan CSR ini bermula pada 2010 yang fokus pada CCS (Children, Community and Supplier) dan hingga sekarang sudah menjadi budaya perusahaan.

"Setiap membuka satu gerai baru, kami pasti mengadakan satu kegiatan CSR. Di Indonesia ada 12 juta anak yang terancam putus sekolah hingga jenjang SMP. Tapi, jika kami bisa mulai dari membantu 1.000 anak dengan tulus, sudah senang sekali," kata Meshvara.

Sementara itu, Marketing and Sales Director PT Kinocare Era Kosmetindo, Benny Kurniawan, sangat bangga dapat bermitra dengan Hypermart selama  ini. 

“Ini lebih dari sekadar rutinitas kerja, tapi sungguh berbagi kasih. Kami belajar untuk mengasihi anak-anak ini dan menjadi semakin semangat," ujar Benny Kurniawan di acara yang berlangsung sederhana dan dihadiri sekitar 100 anak ini.

"Saya akan membawa semangat ini ke dalam perusahaan. Saya ingin menyebarkan bahwa dalam hidup, ada hal lain yang bisa membuat hati tersentuh," kata dia.

Salah satunya, saat melihat anak-anak tersebut bisa sekolah. "Dan kami yakin dengan jaringan outlet Hypermart yang luas, sehingga dapat menjangkau orang yang membutuhkan khususnya anak yatim di Indonesia,” ujarnya.

Ketua Rumah Belajar Keluarga Anak Langit, John, menjelaskan, tahun ajaran 2011-2012 sudah ada 30 anak yang bisa sekolah berkat bantuan dana CSR berbagai perusahaan. Sementara itu, untuk tahun ajaran 2012-2013, ada 50 anak yang berhasil disekolahkan, dan 15 anak ikut paket kejar karena usianya sudah melewati usia sekolah.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua perusahaan yang menyempatkan untuk membantu anak-anak yang ada di sini. Impian kami hanya ingin mereka menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negaranya,” ucap John. (WEBTORIAL)