Cerita Jokowi Sulitnya Hubungi Gubernur Sulteng saat Gempa dan Tsunami

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA - Sejak terjadinya gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah Jumat sore kemarin, Presiden Joko Widodo langsung mengumpulkan informasi dan data. 

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Dalam keterangan persnya dini hari tadi, Jokowi mengaku mendapatkan informasi baru dari Kepala BNPB. Namun, itu masih belum cukup lantaran susahnya komunikasi ke sana. 

"Karena memang sulit untuk bertelepon ke sana. Tadi saya mencoba menghubungi gubernur (Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola) sejak sore tadi juga tidak bisa sambung karena memang kelihatannya komunikasi terganggu," ujar Jokowi, seperti dalam siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin, Sabtu dini hari 29 September 2018.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Saat itu juga, Jokowi sudah perintahkan Menkopolhukam Wiranto, untuk mengkoordinasikan jajaran pemerintah. Panglima TNI, lanjut Jokowi, untuk disiapkan pasukannya dalam penanganan di lapangan. 

Dengan koordinasi itu, diharapkan hari ini sudah bisa diperoleh informasi yang detail. Untuk selanjutnya, melakukan penanganan cepat. Ia memastikan, jajaran pemerintah pusat langsung turun ke lokasi. 

Rocky  Gerung Seorang Republikan

"Karena memang belum sampai ke sana para menteri, kepala BNPB, tapi menuju ke sana," katanya. 

Jokowi belum bisa memastikan, kapan ia akan mengunjungi Palu dan Donggala sekitarnya. Namun setiap menit, ia terus memantau mengikuti peristiwa dan penanganannya. 

"Saya berharap setelah mendapatkan penjelasan secara penuh baru menentukan rencana," katanya. 

Mantan gubernur DKI ini berharap, seluruh masyarakat Donggala, Palu dan sekitarnya, agar tetap tenang namun juga waspada. 

“Dan kita berharap ini segera bisa diselesaikan bersama-sama," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya